Rabu, 23 Desember 2009

Agar Murid Tetap mengingat Pelajaran yang kita Berikan


Assalamualaikum.wr.wb
Agar murid terbiasa mengingat materi yang kita ajarkan, ada sedikit tips yang ingin saya bagi. Setiap hari setelah mata pelajaran yang kita berikan, kita memberikan test kecil-kecilan yang berisi soal-soal campuran. Soal campuran ini dapat terdiri dari LIMA SOAL. isinya tentang materi yang baru di ajarkan dan materi yang telah lalu. jangan terlalu banyak, cukup lima soal atau jangan lebih dari sepuluh
setiap hari. biasanya PG atau Essay yang terdiri dari soal campuran.
Dengan memberikan test kecil-kecilan ini murid akan terbiasa mengingat kembali. Test ini setiap hari saya berikan pada anak murid dengan penjelasan kepada murid: " ini ibu berikan agar kalian mengetahui perkembangan pengetahuan kalian dari hari ke hari ."
Nah, setiap habis test, nilainya saya pajang. tentunya sebelumnya beritahukan pada murid kalau nilai yang dipajang bertujuan agar mereka mengetahui perkembangan mereka dari hari ke hari. jika nilai test murid terlalu jelek, sebaiknya jangan dipajang. tapi nilai teman-temannya tetap di pajang agar si murid tadi lebih berusaha lagi.
test campuran ini juga dapat membuat murid terbiasa mengerjakan soal agar tidak kaget saat menghadapi ujian.

sebagai contoh, soal campuran yang saya buat terdiri dari campuran IPA, IPS, MATEMATIKA dan BAHASA INGGRIS. dapat kita lihat gambarnya :-). untuk lebih menarik, soal bisa dilengkapi gambar-gambar kartun agar anak tak jenuh.

Untuk jawabannya, murid-murid bisa manggunakan kertas kecil (kertas buku yang dipotong menjadi empat atau sesuai keperluan. selamat mencoba :-)


semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:-)